Tuesday 22 January 2013

Indonesian Civet Coffee



Kopi luwak adalah biji kopi yang awal mulanya dimakan oleh luwak (sejenis musang). Tetapi binatang ini hanya mencerna daging buahnya saja, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dikumpulkan, dicuci bersih, disangrai/roasted, digiling menjadi bubuk kopi, maka terciptalah kopi luwak. 

Kopi yg telah dimakan oleh luwak ini memiliki rasa yg luar biasa karena enzim dari dalam tubuh luwak berfermentasi dengan kopi selama di dalam perutnya. Oleh karena proses alami ini, dan jumlahnya yang terbatas di alam maka harga dari kopi jenis ini sangat mahal karena tidak bisa diproduksi dalam skala besar.

Ada juga orang yg berusaha menangkap luwak dr alam kemudian memeliharanya di dalam kandang, memberinya makan biji kopi, dan mengumpulkan kotorannya. Kopi yang dihasilkan juga memiliki rasa yg nikmat, tapi luwak liar memberikan rasa yg lebih mantab baik dari kualitas rasa dan keharumannya. Luwak liar yg hidup di alam lebih banyak beraktivitas dibandingkan luwak yang dikurung. Dengan demikian proses metabolisme di dalam tubuhnya akan sedikit berbeda dengan luwak peliharaan.


Penangkaran binatang luwak.
Di alam terbuka, binatang luwak menggunakan indera penciumannya yg tajam untuk memilih biji kopi yg benar benar masak dan berkualitas terbaik secara langsung dari tanaman kopi. Sehingga biji kopi yg dipilihnya merupakan biji kopi pilihan terbaik yg pernah ada.

Luwak yg berada di hutan lepas biasanya juga memakan bijian atau buah lain yg tersedia di alam. Dari makanan yg bervariasi ini akan memberikan hasil fermentasi yg berbeda melalui enzim di perut binatang luwak liar dibanding dgn luwak peliharaan.

Banyak org yg bilang bahwa rasa kopi luwak Robusta dan Arabika itu berbeda? Kenyataannya, yg benar hampir semua kopi luwak itu hakekatnya adalah serupa. Prinsipnya, makhluk bisa hidup memakan apapun, namun kotorannya akan memiliki sifat yg hampir sama. Atau mungkin ada yg pernah bedain kotoran manusia yg kesehariannya hanya makan jagung dan manusia hanya memakan beras (tanpa tambahan sayuran, daging, buah, ikan, dsb), apakah kemudian hasilnya adalah bau/rasa kotoran yg berbeda ? hehe2x..

Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia. Namun harganya yg sangat jauh melebihi harga normal kopi membuatnya susah dijangkau oleh masyarakat. Sehingga justru hanya di kalangan tertentu dan peminat dari luar negeri kopi ini menjadi sangat terkenal.




Kami memiliki jaringan kelompok petani dengan kebun kopi asli dari Sumatera, dengan hasil panen biji kopi yang melimpah untuk kopi jenis Robusta. Sehari-hari mengolah hasil kebun kopi secara normal, memanen, dan menyetorkan hasil kebun ke pengolahan kopi untuk diproduksi secara masal.

Diawali hanya dengan melayani beberapa permintaan dari rekan-rekan kantor, oleh2x untuk sobat dari luar daerah untuk mencarikan kopi luwak liar asli dari alam. Saya memesan kopi luwak special ini dari rekan pengelola kebun kopi yg berdasarkan permintaan mengumpulkan dan secara terpisah mengolah kopi luwak dengan jumlah terbatas untuk diolah dgn metode sederhana. Kami mengirimkan kopi ini ke luar pulau Bandung, Batam, Jakarta, dan berbagai tempat di indonesia. Memang jumlahnya sangat terbatas, namun di musim tertentu seperti Juni–Agustus biasanya dapat ditemukan kopi luwak dengan jumlah yang lumayan banyak. Biasanya di bulan tersebut merupakan musim panen kopi dan banyak sekali ditemukan kopi luwak. Kopi luwak yg baru dikumpulkan masih utuh berupa kotoran. Untuk penyimpanan, kotoran luwak akan jemur dulu sampai kering supaya tahan lama. Kopi ini kita sebut Raw Coffee Luwak.

Kotoran luwak kering yg belum dibersihkan.
Pemrosesan kopi luwak sebenarnya sangat mudah. Kopi luwak di cuci bersih terlebih dahulu, lalu di jemur hingga kering. Setelah kopi luwak kering lalu di tumbuk menggunakan lumpang yang terbuat dari kayu, lalu di pisahkan dengan kulit tanduk nya. 

Pemisahan kulit tanduk (kulit ari) dengan biji kopi dapat menggunakan tampah yang terbuat dari bambu, atau jika tidak ada bisa menggunakan sapu lidi secara perlahan-lahan bagian atas nya sampai kulit tanduk kopi bersih terpisah dari biji kopi.

Tahap berikut nya biji kopi luwak di sortir lagi menggunakan ayakan secara manual, agar biji lain yg selain biji kopi dipisahkan dan dibuang. Sebab biasanya di dalam kotoran binatang luwak liar sering terdapat biji jambu dan biji buah-buahan lain. Di alamnya, luwak liar memakan berbagai jenis buah-buahan, tidak hanya biji kopi, hal ini berbeda dengan binatang luwak tangkaran yang makanannya tergantung dari pemeliharanya. Biji kopi yang sudah dipisahkan akan dicuci kembali dengan air bersih dan semua kulit ari terlepas. Pengeringan dilakukan dengan cara penjemuran maupun di angin-anginkan di tempat yang terbuka. Pada tahap ini biji kopi disebut sebagai Green Beans.
Green Beans.

Kopi luwak yg sudah dibersihkan kemudian disangrai secara tradisional dengan kayu bakar, prosesnya memang agak lama bila dibanding dengan mesin modern. Namun cara ini menghasilkan aroma yang lebih harum karena biji kopi bisa matang secara perlahan dan lebih merata. Hasil dari proses ini disebut sebagai Roasted Beans.

Roasted Beans.

Biji kopi yang sudah disangrai kemudian dihaluskan dengan mesin penggiling sederhana sampai benar-benar halus dan siap untuk dikonsumsi. Untuk kemasan, kita masih menggunakan cara tradisional namun sudah menggunakan plastik vakum supaya tidak cepat rusak. Oleh karena keterbatasan teknologi, kita tidak mempacking seperti hasil olahan pabrik dengan logo dan kemasan yg menarik. Pada tahap ini hasil olahan disebut sebagai Coffee Powder.
Coffee Powder.

Kadang kala ada juga rekan yg menawarkan untuk membeli dalam jumlah banyak untuk kemudian di repacking dengan brand yg bisa dijual dgn harga jauh lebih mahal. Namun saya tidak melayani permintaan ini karena hasil yg kami olah merupakan produk liar yang tidak bisa ditentukan jumlah dan besaran kapasitas produksinya. Berbeda dengan pemelihara binatang luwak yg punya banyak kandang, sehingga mampu menghasilkan jumlah kotoran dengan lumayan banyak.

Kami menawarkan keaslian kopi luwak dan jaminan mutu yang telah diproses menurut tradisi dan ciri khas kekayaan Indonesia secara tradisional.


**Lihat bagian "Cara Pemesanan" untuk order Kopi Luwak Asli Indonesia ini.

http://indonesian-kopiluwak.blogspot.de/2013/01/beli-kopi-luwak-indonesia.html

No comments:

Post a Comment